Artikel, Kesehatan Seksual

Impotensi Adalah: Pengertian, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

impotensi adalah

Impotensi adalah ketidakmampuan untuk mencapai atau mempertahankan ereksi yang seringkali dihadapi oleh para pria. Kondisi seperti ini menjadi bayang-bayang yang menghantui bagi para pria, bahkan mereka menganggap ini sebagai peristiwa di mana mereka kehilangan identitas maskulinitas dan kejantanan.

Jika Anda saat ini sedang mengalami impotensi, Anda tidak perlu khawatir lagi! Di artikel ini, Anda akan mengetahui lebih dalam tentang impotensi, mulai dari definisi, penyebab, gejala, cara mencegahnya, dan cara mengatasinya. 

Apa itu Impotensi?

Impotensi adalah kondisi di mana para pria kesulitan untuk mencapai atau mempertahankan ereksi saat mereka sedang bercinta. Impotensi dikenal juga dengan disfungsi ereksi, yang di mana jika tidak segera ditangani, seseorang yang mengidap kondisi ini akan merasakan penurunan gairah seksual hingga membuat penderitanya sulit mencapai klimaks saat bercinta.

Impotensi seringkali dialami oleh para pria yang mengidap hipertensi atau tekanan darah tinggi. Melalui hipertensi, hal ini memicu penyempitan serta pengerasan pembuluh darah yang menghambat aliran darah menuju ke organ-organ tubuh, salah satunya penis.

Tetapi, tidak hanya para pria yang mengidap hipertensi, seringkali kondisi impotensi terjadi pada para pria yang berusia 40 tahun ke atas atau memiliki gangguan kesehatan, seperti penyakit jantung, diabetes, dan yang lainnya.

Gejala Impotensi yang Perlu Anda Ketahui

 

Impotensi adalah kondisi yang terkadang masih dipahami banyak orang bahwa mereka tidak bisa mencapai ereksi sama sekali. Tetapi, sebenarnya hal itu tidak selalu terjadi. Impotensi atau disfungsi ereksi bisa mencakup gejala-gejala seperti ini.

  1. Gairah untuk bercinta mulai menurun.
  2. Tidak mampu mencapai ereksi walau sudah mendapatkan rangsangan seksual.
  3. Mengalami ejakulasi dini atau tidak mampu menjaga ereksi pada saat bercinta.
  4. Tidak konsisten untuk mampu mencapai ereksi setiap kali bercinta.

Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, hal ini dapat memengaruhi kualitas hidup dan hubungan seksual Anda dengan pasangan seiring berjalannya waktu.

Apa Penyebab Impotensi?

Impotensi adalah kondisi yang terjadi karena adanya masalah kesehatan fisik, psikologis, ataupun gaya hidup. Untuk lebih lengkapnya, mari kita lihat lima penyebab umum impotensi.

1. Gangguan Emosional

Untuk bisa mencapai fase klimaks, Anda perlu melewati fase “gembira”. Namun, jika Anda memiliki gangguan emosional, hal tersebut dapat memengaruhi kemampuan Anda untuk bergairah saat bercinta.

Hal yang paling umum terjadi terkait masalah psikologis ini meliputi depresi dan kecemasan yang dapat meningkatkan risiko impotensi. Ketika Anda menderita impotensi karena masalah tersebut, kemungkinan Anda bisa mengalami ereksi penuh saat melakukan masturbasi atau saat tidur, tetapi Anda akan ejakulasi dini saat bercinta.

2. Mengonsumsi Obat-Obatan Tertentu

impotensi adalah

Mengonsumsi obat-obatan tertentu bisa memengaruhi aliran darah pada tubuh, yang pada akhirnya bisa mempengaruhi impotensi. Menurut sebuah penelitian, contoh obat yang dapat menyebabkan impotensi adalah antidepresan seperti alprazolam, diazepam, dan kodein.

Tidak hanya obat antidepresan, obat-obatan lain seperti penghambat alfa-adrenergik, hormon sintetis, beta-blocker, dan lainnya, juga termasuk dalam obat yang bisa menyebabkan terjadinya impotensi.

Tetapi, jika Anda memiliki obat yang dapat memengaruhi impotensi, penting bagi Anda untuk tidak boleh berhenti minum obat tanpa izin dari dokter. 

3. Penyakit Endokrin

Sistem endokrin dalam tubuh menghasilkan hormon yang bisa mengatur metabolisme, suasana hati, reproduksi, fungsi seksual, dan masih banyak lagi.

Salah satu contoh penyakit endokrin yang bisa menyebabkan Anda mengalami impotensi adalah diabetes. Hal ini dapat terjadi karena diabetes memengaruhi kemampuan tubuh seseorang dalam menggunakan hormon insulin, yang menyebabkan gangguan aliran darah dan kadar hormon ke penis. 

Komplikasi lain yang terkait dengan diabetes kronis adalah adanya kerusakan saraf. Hal ini memengaruhi penis yang pada akhirnya tidak mampu melakukan klimaks.

4. Gangguan Neurologis dan Saraf

Apabila Anda sedang mengalami gangguan kondisi neurologis, hal ini sangat bisa meningkatkan risiko impotensi. Kondisi saraf yang sedang terganggu dapat memengaruhi kemampuan otak untuk bisa berkomunikasi dengan sistem reproduksi. Dengan kondisi inilah, sistem menghalangi Anda untuk bisa mencapai ereksi.

Beberapa gangguan neurologis yang dapat menyebabkan impotensi di antaranya, penyakit alzeimer, stroke, epilepsi lobus temporal, penyakit parkinson, dan yang lainnya.

5. Kondisi yang Berhubungan dengan Jantung

Jika seseorang mengalami masalah pada jantung, hal ini dapat memengaruhi kemampuannya dalam memompa darah, dan akhirnya terjadi impotensi. Tanpa adanya aliran darah yang cukup ke penis, Anda tidak bisa mencapai klimaks.

Kondisi lainnya seperti aterosklerosis yang menyebabkan penyumbatan pembuluh darah juga dapat menyebabkan impotensi.

Cara Mengatasi Impotensi

Impotensi pada pria dapat terjadi karena masalah kesehatan atau gaya hidup yang sedang dialami olehnya. Jika Anda merupakan salah satu orang yang sedang menghadapi kondisi ini, jangan khawatir! Berikut ini adalah cara untuk mengatasi impotensi pada pria.

1. Pemberian Obat-Obatan untuk Impotensi

Cara mengatasi impotensi pada pria yang paling bekerja dengan baik adalah memberikan obat-obatan secara oral. Obat-obatan ini seperti sildenafil, vardenafil, avanafil, dan tadalafil.

Obat-obatan yang dikonsumsi secara oral dapat meningkatkan efek oksida nitrat, yaitu bahan kimia alami yang ada di dalam tubuh, berfungsi untuk melemaskan otot-otot di penis.

Obat ini akan meningkatkan aliran darah di dalam tubuh Anda dan memungkinkan Anda untuk kembali bisa merespons rangsangan bercinta.

Namun, obat ini hanya bisa dikonsumsi sesuai dengan resep dari dokter. Dan, tentu saja Anda tidak bisa sembarangan mendapatkan obat ini, karena setiap obat dapat memberikan efek samping yang berbeda ke tiap orang.

2. Mengubah Gaya Hidup

Jika impotensi pada pria terjadi karena faktor emosional atau fisik, di beberapa kasus, mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dapat mengurangi masalah impotensi.

Mengutip Journal of Restorative Medicine, Anda dapat merubah gaya hidup dengan cara-cara sebagai berikut.

  • Berhenti merokok apabila Anda merokok.
  • Tidak lagi minum alkohol dalam jumlah sedang.
  • Mengonsumsi makanan yang seimbang dan bergizi.
  • Mengomunikasikan untuk gaya bercinta dengan pasangan untuk membuat hubungan terasa romantis.
  • Olahraga secara rutin

Jika Anda memang sedang mengalami keadaan yang mengganggu psikologis atau emosional Anda, ada baiknya untuk Anda bertemu dengan ahli kesehatan mental.

3. Menggunakan Pompa Penis

Pompa penis atau juga dikenal dengan alat ereksi vakum adalah sebuah tabung berongga yang dilengkapi dengan pompa yang dapat dioperasikan secara manual atau bisa juga menggunakan baterai.

Untuk menggunakannya, tabung akan diletakkan di atas penis Anda, kemudian pompa akan menyedot udara di dalam tabung yang menciptakan penarikan darah ke penis.

Setelah ereksi tercapai, Anda akan diminta untuk memasang cincin elastis di sekitar pangkal penis untuk menahan darah dan mempertahankan terjadinya ereksi. Setelah itu, alat vakum bisa dilepaskan.

Dengan menggunakan alat ini, umumnya ereksi bisa bertahan cukup lama untuk memungkinkan Anda bercinta dengan pasangan. Jangan lupa setelah bercinta, lepaskan cincin elastis yang terpasang di penis Anda.

Meskipun begitu, Anda juga perlu mengetahui bahwa alat ini bisa memberikan efek samping seperti memar pada penis dan ejakulasi yang lebih sedikit. Selain itu, penis Anda akan terasa dingin ketika disentuh.

4. Pengobatan secara Alami

Jika Anda tidak ingin mengonsumsi obat-obatan atau menggunakan alat seperti pompa penis, Anda bisa menggunakan pengobatan alami yang bisa membantu mengatasi impotensi.

Beberapa pengobatan alternatif secara alami untuk impotensi di antaranya dengan mengonsumsi ginseng merah korea, yang juga dikenal sebagai Panax Ginseng. Sebenarnya, sudah ada banyak suplemen yang memiliki kandungan ini, jadi Anda tidak perlu merasa kesulitan untuk mengonsumsinya.

Selain herbal ginseng, Anda juga bisa melakukan akupuntur atau minum jus delima yang memiliki sifat antioksidan, sehingga mampu meningkatkan aliran darah dan meningkatkan fungsi ereksi.

Cara Mencegah Terjadinya Impotensi

Impotensi adalah kondisi yang membuat para pria merasa tidak percaya diri. Jika saat ini Anda sedang tidak mengalami impotensi, Anda juga perlu mengetahui cara agar impotensi tidak terjadi dalam kehidupan Anda. Untuk itu, lakukan cara-cara di bawah ini.

1. Berolahraga secara Rutin

Olahraga bisa membantu tubuh Anda meningkatkan aliran darah dan memberikan kesehatan pada jantung, yang penting untuk fungsi ereksi yang sehat. Anda bisa melakukan olahraga seperti jalan cepat, jogging, bersepeda, berenang, dan yoga.

2. Hindari Merokok, Narkoba, atau Penyalahgunaan Alkohol

Kebiasaan ini dapat merusak pembuluh darah dan mengurangi aliran darah ke organ reproduksi pada tubuh Anda. Oleh karena itu, jauhi kebiasaan ini untuk memiliki performa seksual yang berkualitas.

3. Cukup Tidur

Tidur yang cukup dapat membantu tubuh Anda menjaga kadar hormon dan kesehatan fisik serta mental yang dapat berpengaruh pada fungsi seksual.

4. Mengikuti Pola Makan yang Sehat

Berdasarkan penelitian, diet yang seimbang dengan mengonsumsi makanan seperti buah, sayur, biji-bijian, dan lemak sehat dapat mengurangi risiko impotensi.

5. Mendapatkan Bantuan Profesional untuk Masalah Kesehatan Mental

Jika Anda memiliki masalah kesehatan seperti depresi, kecemasan berlebihan, atau kondisi kesehatan lainnya yang bisa memengaruhi fungsi seksual, sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter kesehatan mental atau psikolog.

6. Jangan Terlalu Lama Duduk

Duduk terlalu lama dapat menghambat aliran darah ke organ reproduksi, sehingga Anda perlu memiliki aktivitas fisik yang cukup.

Panax Ginseng sebagai Pengobatan Alami Impotensi

Pada artikel ini, Anda sudah mengetahui bahwa impotensi adalah kondisi di mana para pria kesulitan untuk mencapai atau mempertahankan ereksi saat mereka sedang bercinta. Anda juga telah mengetahui bahwa meskipun mengalami impotensi, ada cara yang bisa Anda lakukan, dan cara mencegah terjadi impotensi pada pria.

Salah satu cara untuk mengatasi impotensi adalah herbal ginseng korea atau panax ginseng yang telah diakui keunggulannya dalam beberapa penelitian. Di Jeongsin, Anda bisa mendapatkan suplemen pria yang mampu membantu Anda dalam mengatasi ejakulasi dini dan melancarkan aliran darah yang bisa membantu Anda mendapatkan ereksi. 

Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi website Jeongsin. Apabila artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk bagikan kepada teman-teman atau keluarga Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *