Artikel, Makanan Sehat

6 Pantangan Makanan Sakit Gigi Berlubang, Wajib Dihindari!

Pantangan Makanan Sakit Gigi Berlubang

Tahukah Anda? Sebanyak 88% masyarakat Indonesia mengalami gigi berlubang atau karies. Sakit gigi ini dapat memberikan dampak yang tidak mengenakkan. Penyebab gigi berlubang dapat terjadi karena berbagai faktor, namun salah satunya sering kali disebabkan oleh makanan yang kita konsumsi. Oleh karena itu, penting bagi Anda mengetahui pantangan makanan sakit gigi berlubang.

Jika Anda saat ini sedang mengalami masalah sakit gigi berlubang, artikel ini akan membantu Anda memilih makanan yang tepat dan menghindari pantangan makanan sakit gigi berlubang. Mari kita simak artikel ini hingga selesai.

Pantangan Makanan Sakit Gigi Berlubang

Pantangan Makanan Sakit Gigi Berlubang

Anda mungkin tidak sadar bahwa jenis makanan yang selama ini Anda konsumsi adalah penyebab sakit gigi. Untuk itu, Anda perlu mengetahui pantangan makanan sakit gigi berlubang. Berikut ini adalah daftar makanan yang wajib Anda hindari.

1. Makanan dan Minuman yang Manis

Pantangan makanan sakit gigi berlubang yang satu ini sudah bukan rahasia umum. Makanan dan minuman manis menyediakan sumber energi bagi bakteri yang ada di mulut kita. Bakteri ini kemudian menghasilkan asam yang dapat merusak lapisan keras pada gigi (email). Akibatnya, gigi kita dapat berlubang.

Oleh karena itu, penting bagi Anda menghindari makanan dan minuman manis, seperti permen, biskuit gula, minuman-minuman manis, dan kue.

2. Makanan Bertekstur Keras

Makanan bertekstur keras membuat Anda mengunyah dan memberikan tekanan ekstra pada gigi lebih besar, yang pada akhirnya dapat menimbulkan nyeri gigi. Contoh makanan keras yang perlu Anda hindari di antaranya, kacang, keripik, kerupuk, gorengan, dan es batu. 

3. Buah Kering

Buah kering memang memiliki rasa yang lezat, tetapi buah ini sering kali mengandung banyak gula. Saat Anda mengonsumsi buah-buahan kering, kandungan gulanya dapat memberi makan bakteri di mulut, sehingga dapat menyebabkan produksi asam yang dapat mengikis email gigi, dan berakibat pada gigi berlubang.

Sifat lengket pada buah kering juga membuat makanan ini dapat menempel pada gigi dan bersentuhan dengan email dalam jangka waktu yang lebih lama, sehingga meningkatkan risiko pembusukan.

4. Makanan dan Minuman yang Asam

Makanan dan minuman asam dapat mengikis email gigi dan memperburuk kerusakannya. Selain itu, makanan ini juga dapat menghilangkan mineral dari gigi, sehingga dapat menyebabkan pembusukan.

Untuk itu, makanan dan minuman asam yang perlu Anda hindari di antaranya jeruk, grapefruits, lemon, jeruk nipis, soda, kopi, dan alkohol. Jika Anda kesulitan untuk menghindari makanan dan minuman ini, setelah konsumsi makanan atau minuman tersebut, pastikan untuk berkumur dengan air setelah dikonsumsi. Setelah itu, Anda bisa melakukan sikat gigi 30 menit setelah mengonsumsi makanan atau minuman tersebut.

5. Makanan dengan Tekstur Lengket

Pantangan makanan sakit gigi berlubang yang selanjutnya adalah makanan dengan tekstur yang lengket. Makanan lengket memiliki kandungan tinggi gula yang dapat terjebak di gigi, hingga akhirnya menjadi tempat untuk bakteri berkembang, memproduksi asam, dan menyebabkan gigi berlubang semakin parah.

Selama sakit gigi, hindarilah mengonsumsi makanan seperti dodol, makanan berbahan aci, dan makanan lain yang lengket. Saat mengalami sakit gigi, mungkin Anda lebih memilih mengonsumsi makanan yang bertekstur lembek supaya lebih mudah mengunyah. Tetapi, sebenarnya jenis makanan ini memiliki tekstur yang lengket, sehingga dapat merangsang nyeri gigi.

6. Makanan yang Mengandung Asam Fitat Tinggi

Pantangan makanan sakit gigi berlubang yang terakhir adalah makanan dengan kandungan asam fitat tinggi. Asam fitat adalah zat antinutrisi yang terkenal dapat menghambat penyerapan beberapa nutrisi penting dalam gigi, termasuk mineral. Biasanya asam fitat dapat Anda temukan dalam biji-bijian, kacang-kacangan, dan jagung. 

Makanan yang Aman Dikonsumsi Saat Sakit Gigi Berlubang

Meskipun Anda sedang mengalami sakit gigi, bukan berarti Anda tidak bisa makan. Berikut adalah makanan yang aman untuk Anda konsumsi ketika sakit gigi, di antaranya:

1. Puding

Makanan untuk penderita sakit gigi yang pertama adalah puding. Makanan atau camilan ini termasuk dalam jenis makanan yang lunak dan mudah ditelan. Puding memang memiliki kandungan gula, oleh karena itu penting bagi Anda memperhatikan kandungan gula dari puding yang Anda konsumsi.

2. Smoothie Bowl

Makanan selanjutnya yang bisa Anda konsumsi adalah smoothie bowl. Smoothie bowl biasanya terdiri dari campuran smoothies buah, potongan buah-buahan segar, dan chia seed. Namun, penting bagi Anda memperhatikan buah yang akan Anda konsumsi. Hindari buah asam, dan perhatikan tingkat manis yang Anda konsumsi. 

3. Keju

Keju merupakan makanan yang kaya akan nutrisi. Selain itu, keju juga tidak memberikan efek yang parah pada kondisi gigi yang sedang berlubang. Namun, jangan sampai Anda mengonsumsi keju dengan makanan manis atau minuman dingin, karena ini bisa memperparah kondisi gigi Anda.

4. Mashed Potatoes

Mashed potatoes adalah kentang yang ditumbuk hingga menjadi lembut. Mengonsumsi mashed potatoes tidak memerlukan gigitan dan kunyahan yang ekstra. Kandungan di dalam kentang juga tidak membahayakan gigi Anda, karena itu makanan ini cocok untuk penderita sakit gigi.

5. Makanan dengan Kandungan Kalsium

Makanan terakhir yang wajib Anda konsumsi adalah makanan dengan kandungan kalsium. Kalsium punya manfaat yang baik untuk kesehatan gigi. Oleh karena itu, Anda bisa mengonsumsi produk seperti susu, brokoli, sayuran hijau, udang, dan salmon yang baik untuk kesehatan gigi serta tubuh Anda.

Kesimpulan

Bagi penderita sakit gigi berlubang, memperhatikan pantangan makanan sakit gigi berlubang adalah hal yang penting untuk tidak membuat sakit semakin parah. Meskipun ada banyak makanan yang perlu dihindari, bukan berarti para penderita tidak bisa mengonsumsi makanan dengan enak. Ada banyak makanan lain yang bisa dikonsumsi penderita dan tidak membuat mereka semakin parah.

Oleh karena itu, selalu jaga pola makan Anda dan jangan lupa sikat gigi 2x sehari untuk menjaga kebersihan mulut. Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk bagikan kepada keluarga dan teman-teman Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *